Lima Cara Sederhana Ini Efektif Menghilangkan Bau Pada Kaki

Bau kaki memang bukanlah sesuatu hal mematikan bagi mereka yang mengalaminya. Hanya saja, bau kaki cukup membuat orang disekitarnya merasa terganggu dan tentu saja hal itu juga akan membuat orang yang tengah mengalaminya menjadi tidak nyaman karenanya.

Bagi seseorang yang setiap harinya harus bertemu dengan klien atau sesuatu yang mengharuskan seseorang untuk selalu bertemu dengan orang banyak, masalah bau kaki bisa menjadi masalah yang cukup serius. Oleh karena itu, masalah yang satu ini harus segera diatasi.

Penyebab seseorang mempunyai masalah dengan bau kaki tak sedap memang bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Hanya saja, kebiasaan hidup tidak sehat merupakan salah satu faktor utamanya. Contoh pola hidup tidak sehat yang bisa menimbulkan bau pada kaki adalah tidak mencuci kaki menggunakan sabun antibakteri setelah sebelumnya memakai kaos kaki dan sepatu seharian.

Lima Cara Menghilangkan Bau Pada Kaki

tips menghilangkan bau kaki tak sedap
Bau kaki tak sedap via yesvegetarian.com
Supaya masalah bau kaki tidak membuat orang terdekat merasa tidak nyaman, maka sudah semestinya Anda mengatasi masalah tersebut dengan cara menghilangkan bau kaki yang sangat sederhana ini.

1Rendam kaki dengan air yang dicampur baking soda
Perlu diketahui bahwa fungsi baking soda disini bukanlah untuk membantu mengurangi kadar keringat yang keluar. Akan tetapi, baking soda akan membantu mengurangi jumlah bakteri yang menjadi penyebab munculnya bau tak sedap pada kaki.

Setelah seharian Anda mengenakan kaos kaki dan sepatu, sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk melakukan perawatan kaki dengan cara merendam kaki dalam air yang dicampur baking soda. Ini cukup efektif untuk menyerap bau tak sedap pada kaki.

2Menggunakan antiperspirant
Sudah tahukah Anda apa itu Antiperspirant? Antiperspirant merupakan salah satu bahan kosmetik berbentuk krim yang akan membantu memberikan perlindungan dari keringat berlebih yang sekaligus melembabkan telapak kaki Anda.

Ketika Anda mengoleskan antiperspirant pada telapak kaki, ia akan meminimalisir keluarnya keringat dengan cara mempersempit pori-pori dan juga memblok saluran yang menuju kelenjar keringat. Dengan melakukan hal ini, Anda pun tidak perlu khawatir lagi terhadap bau tak sedap pada kaki meski mengenakan kaos kaki dan sepatu dalam waktu yang cukup lama.

3Menggunakan obat kumur
Anda pastinya sudah tahu bahwa obat kumur itu berfungsi untuk menyegarkan dan menghilangkan bau tak sedap pada mulut yang disebabkan oleh adanya bakteri yang menempel pada gusi maupun plak gigi. Selain untuk itu, obat kumur juga bisa Anda gunakan untuk menjaga kaki supaya tidak terlalu bau.

Cara menggunakannya, siapkan air pada wadah yang nantinya akan digunakan untuk merendam kaki Anda. Sebelum kaki direndam, tambahkan dulu obat kumur pada air tersebut baru kemudian rendam kaki Anda. Pada saat kaki direndam, kandungan yang terdapat pada obat kumur akan bereaksi mengurangi bakteri yang menyebabkan bau tak sedap pada kaki.

4Menggunakan sabun antibakteri
Sekarang ini ada begitu banyak sabun antibakteri dengan keharuman yang berbeda-beda. Jenis sabun yang satu ini juga efektif untuk membersihkan kaki dari sisa-sisa kotoran maupun keringat yang menempel pada kaki. Dengan menggunakan sabun antibakteri secara rutin, masalah bau tak sedap pada kaki pun akan berangsur menghilang.

5Mencukupi asupan Zinc dan Magnesium
Selain melakukan perawatan dari luar, akan jauh lebih baik jika Anda membarenginya dengan perawatan dari dalam. Salah satu perawatan dari dalam yang efektif untuk mengatasi masalah bau tak sedap pada kaki adalah dengan mencukupi asupan zinc dan magnesium.

Untuk memenuhi asupan zinc, Anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi daging sapi, ikan salmon, yogurt, dan lain-lain. Sedangkan magnesium bisa Anda peroleh dari beras merah, kacang almond, dan kacang hitam. Sebelum Anda menerapkan cara menghilangkan bau kaki pada point ke-5 ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Seperti yang telah dijelaskan diawal-awal, pola hidup bersih dan sehat merupakan kunci utama untuk mencegah masalah bau tak sedap pada kaki. Supaya kaki Anda terhindar dari bau tak sedap, beberapa pencegahan dibawah ini setidaknya bisa membantu Anda mengatasi masalah yang satu ini.

Hindari mengenakan kaos kaki dan sepatu yang masih dalam keadaan basah
Rutin mencuci kaos kaki dan sepatu yang sering Anda pakai
Cuci kaki baik itu sebelum menggunakan sepatu ataupun sesudah menggunakannya
Simpan kaos kaki dan sepatu Anda di tempat yang sejuk
Bilamana kaos kaki dan sepatu Anda terguyur hujan hingga basah kuyup, sebaiknya langsung dilepas dan jemur sampai kering


Nah, itulah informasi sederhana mengenai cara menghilangkan bau kaki. Jika Anda mempunyai masalah dengan bau kaki, maka tips-tips yang telah disebutkan diatas bisa membantu Anda.

Tentang Kami

Sahabatragam.com merupakan media online yang selalu berusaha memberikan informasi menarik, unik, dan bermanfaat untuk para pembaca.