10 Manfaat Tomat Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Tomat merupakan tumbuhan yang masih tergolong kepada keluarga kentang, terung, dan paprika. Tumbuhan yang pertama kali ditemukan di Amerika Selatan ini memiliki banyak sekali manfaat, baik itu untuk kesehatan maupun kecantikan.

Kandungan nutrisi yang dimiliki tomat pun cukup banyak, diantaranya vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, niacin, folat, thiamin, tembaga, dan fosfor. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang efektif untuk menangkal radikal bebas.

Selain digunakan sebagai pelengkap suatu masakan, tomat juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan masker wajah. Bahkan ada juga beberapa produk kecantikan yang menggunakan tomat sebagai salah satu bahan utamanya.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

manfaat tomat yang baik
Tomat via healthsuperior.com
Meskipun khasiat tomat lebih dikenal untuk perawatan kecantikan, akan tetapi tomat juga bagus untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat tomat bagi kesehatan Anda.

1. Tomat membantu mencegah kanker

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tomat memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit serius, seperti kanker payudara, paru-paru, usus besar, dan lain-lain. Mengkonsumsi tomat dengan jumlah yang tepat serta rutin akan membantu memperkecil risiko kanker usus besar, kanker pankreas, kanker leher rahim, dan kanker payudara.

2. Tomat membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh

Tingginya kadar lemak dalam tubuh bisa memicu terjadinya darah tinggi dan berat badan meningkat. Untuk mengurangi jumlah lemak di tubuh, lakukanlah olahraga secara rutin dan atur pola makan Anda. Jika Anda fokus untuk menurunkan berat badan, Anda bisa mengkombinasikan olahraga dengan mengkonsumsi tomat secara rutin. Tomat merupakan buah yang tinggi akan protein, karbohidrat, dan kalori. Ketiga nutrisi ini berperan sangat penting dalam mengatasi masalah berat badan.

3. Tomat membantu menjaga tulang dan gigi tetap sehat

Tomat merupakan sumber kalsium yang bisa dimanfaatkan untuk membantu memelihara kesehatan tulang dan gigi. Bukan hanya menjaganya tetap sehat, tapi juga membantu memperkuat tulang dan gigi. Sehingga, hal ini akan mencegah terjadinya tulang keropos.

4. Tomat menjaga mata tetap sehat

Bicara soal kesehatan mata, wortel memang ahlinya. Namun, tahukah Anda bahwa selain wortel, tomat juga bisa untuk membantu menjaga mata Anda tetap dalam kondisi terbaiknya. Hal ini bisa terjadi lantaran tomat mempunyai kandungan vitamin A cukup banyak yang tentu saja baik bagi kesehatan mata Anda.

5. Tomat membantu mengontrol gula darah

Manfaat tomat selanjutnya adalah membantu mengontrol gula darah. Kita tahu bahwa kadar gula darah yang tinggi bisa memicu diabetes. Oleh sebab itu, mengontrol kadar gula darah merupakan cara pencegahan terbaik supaya kita terhindar dari diabetes. Mengontrol kadar gula darah bisa dilakukan dengan mengkonsumsi tomat secara rutin.

6. Tomat membantu atasi nyeri punggung

Nyeri punggung sangat penting untuk segera diatasi supaya tidak menimbulkan masalah serius dikemudian hari. Untuk mengatasi masalah nyeri punggung, sebaiknya lakukan pengobatan yang semestinya dan barengi dengan mengkonsumsi tomat secara rutin dan teratur.

7. Tomat membantu mengontrol kolesterol jahat

Didalam tubuh terdapat dua jenis kolesterol, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Jumlah kolesterol baik haruslah lebih banyak daripada kolesterol jahat. Hal ini bertujuan supaya Anda terhindar dari tekanan darah tinggi (hipertensi). Untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat, Anda bisa mengkonsumsi tomat secara rutin sebagai cara alaminya.

Manfaat Tomat Terhadap Kulit

manfaat luar biasa dari tomat
Tomat segar via modernfarmer.com
Manfaat mengkonsumsi tomat secara teratur juga baik terhadap kulit Anda. Berikut ini merupakan manfaat tomat yang siap memanjakan kulit Anda.

1. Tomat membantu mencerahkan kulit

Kulit wajah tampak kusam? Jangan khawatir, ada tomat yang siap membantu menyelesaikan masalahnya. Caranya, siapkan satu sampai dua potong tomat segar dan iris dengan ukuran agak tebal. Kemudian gunakan tiap-tiap irisan untuk digosokkan pada wajah secara merata. Lakukan perawatan ini setiap hari supaya manfaat tomat tersebut bisa didapatkan lebih maksimal.

2. Tomat membantu menghilangkan jerawat

Menghilangkan jerawat sebenarnya masih bisa dilakukan dengan cara-cara alami. Salah satu cara alami yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan buah tomat. Tomat memiliki kandungan vitamin A dan C yang akan membantu menutrisi kulit. Selain itu, tomat juga banyak mengandung asam yang berguna untuk mengatasi ruam di kulit sekaligus membantu menghilangkan jerawat.

3. Tomat membantu Anda terlihat awet muda

Salah satu manfaat tomat bagi kecantikan adalah membuat Anda terlihat awet muda. Ini bisa terjadi karena tomat dapat memperlambat proses penuaan dengan cara menyerap oksigen secara maksimal. Cara melakukan perawatan yang satu ini adalah cukup melakukan skin treatment dengan menggunakan tomat sebagai bahan dasarnya.


Nah, setelah kita mengetahui manfaat tomat yang begitu luar biasa, mulai dari sekarang jangan lupa untuk mengkonsumsi tomat disetiap harinya ya. Tapi ingat juga, jangan berlebihan ketika mengkonsumsinya.

Tentang Kami

Sahabatragam.com merupakan media online yang selalu berusaha memberikan informasi menarik, unik, dan bermanfaat untuk para pembaca.