6 Kebiasaan Yang Baik Dilakukan Sebelum Tidur

Cara Dirga - Ada banyak cara yang bisa ditempuh supaya kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. Anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan nutrisi, berolahraga secara rutin, dan istirahat cukup.

Bicara soal kesehatan tubuh dan istirahat yang cukup, rupanya ada beberapa kebiasaan yang bila dilakukan akan membuat tidur Anda lebih berkualitas. Ingin tahu apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.
kebiasaan baik sebelum tidur
Kebiasaan sebelum tidur via lizziescribblesblog.wordpress.com
1. Mandi dengan air hangat
Perlu diketahui bahwa suhu tubuh memiliki peranan yang cukup penting dalam mengatur tidur kita. Dan mandi pada malam hari adalah salah satu hal yang bisa Anda lakukan dalam mencapai proses tersebut. Ketika Anda ingin melakukannya, pastikan bahwa Anda mandi dengan air hangat sehingga nantinya akan membuat Anda merasa lebih santai dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

2. Meditasi
Terlalu banyak pikiran akan membuat Anda kesulitan mendapatkan tidur yang bekualitas. Untuk membantu menenangkan pikiran Anda, meditasi bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengatasinya. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dari meditasi. Salah satu manfaatnya adalah jika dilakukan menjelang tidur maka hal itu akan membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

3. Menulis
Selain dengan melakukan 2 hal yang telah disebutkan diatas, menulis juga merupakan salah satu kebiasaan yang akan membantu Anda dalam meningkatkan kekuatan pikiran. Selain itu, menulis sebelum tidur juga dapat membantu membersihkan pikiran Anda sehingga nantinya akan membuat Anda cepat terlelap.

4. Menyikat gigi
Kita disarankan menyikat gigi 2 kali dalam sehari. Waktu yang paling tepat untuk menyikat gigi salah satunya adalah pada malam hari sebelum Anda tidur. Ini penting dilakukan supaya plak dan bakteri tidak tumbuh dengan cepat. Disamping itu, menyikat gigi juga akan menjaga napas kita tetap segar.

5. Menjauhkan gadget
Terdapat studi yang menunjukkan bahwa cahaya biru yang dipancarkan oleh TV, laptop, atau pun smartphone akan mempengaruhi siklus tidur kita. Bahkan, menggunakan smartphone sebelum tidur walau hanya untuk sesaat sudah bisa mengurangi kualitas tidur kita. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan gadget Anda dari tempat tidur.

Itulah 5 kebiasaan yang baik dilakukan sebelum Anda pergi tidur. Buat Anda yang beragama muslim, jangan lupa untuk selalu berdo’a sebelum tidur. Semoga bermanfaat!

Tentang Kami

Sahabatragam.com merupakan media online yang selalu berusaha memberikan informasi menarik, unik, dan bermanfaat untuk para pembaca.