Ragam Manfaat Minyak Almond Untuk Kecantikan

Ada banyak cara yang dapat ditempuh supaya kulit kita tetap terjaga kesehatannya. Namun, menjaga kulit tetap sehat dan tampak cerah bukanlah suatu perkara yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya, sekarang ini ada begitu banyak hal yang bisa membuat kulit tampak kusam dan kering. Oleh karena itu, kita membutuhkan perawatan kulit yang tepat supaya kulit kita terhindar dari masalah-masalah yang dapat mengancam kesehatan kulit.

Terdapat cukup banyak penelitian yang membuktikan bahwa perawatan kulit yang dibarengi dengan penggunaan minyak alami memberikan hasil lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan lotion ataupun krim berbahan kimia. Kita tahu bahwa sekarang ini ada begitu banyak jenis minyak alami yang bisa digunakan untuk perawatan kulit. Mulai dari minyak bunga matahari, minyak zaitun, minyak kelapa, dan lain-lain. Jika Anda tertarik merawat kulit dengan menggunakan minyak alami, Anda bisa memulai mencobanya dengan minyak almond.

Sudah sejak lama minyak almond dikenal memiliki khasiat yang luar biasa untuk kecantikan. Dan itu benar-benar terlihat dari banyaknya produk-produk kecantikan yang memanfaatkan almond sebagai salah satu bahan utamanya. Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak almond yang akan membantu kulit Anda tampak lebih halus dan sehat.

Baca juga : Yuk, Kenali Lebih Jauh Manfaat Susu Kambing Etawa

Manfaat Minyak Almond Bagi Kecantikan Kulit

manfaat minyak almond
Minyak almond via capitalfm.co.ke
1. Membantu melembabkan kulit
Minyak almond memiliki kandungan asam lemak yang dapat diserap dengan baik oleh kulit. Kandungan asam lemak ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembab sekaligus membuatnya terlihat segar.

2. Melindungi kulit dari sinar UV
Manfaat minyak almond selanjutnya adalah melindungi kulit dari sinar UV. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Jurnal of Cosmetic Dermatology, hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek yang telah di obati minyak almond selama masa percobaan 12 minggu, terlindung dari kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar UVB.

3. Menjaga kulit tetap sehat
Perlu diketahui bahwa minyak almond memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin E yang semuanya baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, minyak almond juga dapat melembabkan kulit Anda tanpa harus menutup pori-pori kulit.

4. Membuat kulit tampak lebih muda
Selain merawat kulit dari luar, minyak almond juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam tubuh. Caranya, tambahkan sedikit minyak almond kedalam makanan yang akan dikonsumsi. Jika dilakukan secara teratur, maka kulit Anda akan terlihat lebih muda dari sebelumnya.

5. Membantu atasi kerutan
Minyak almond mengandung vitamin A dan B yang akan membantu mengatasi masalah kerutan. Mengatasi kerutan dengan minyak almond tentu lebih baik karena bahan alami ini terbebas dari bahan kimia yang umumnya banyak terdapat pada produk-produk kecantikan.

Baca juga : Cara Merawat Kuku Tangan Agar Terlihat Lebih Cantik dan Indah

Manfaat Minyak Almond Untuk Kesehatan

manfaat minyak almond bagi kecantikan
Minyak almond via newlovetimes.com
Tidak hanya untuk kecantikan, manfaat minyak almond juga bagus untuk kesehatan. Dibawah ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari minyak almond.

1. Mencegah penyakit jantung
Minyak almond begitu kaya akan asam folat, protein, kalium, dan lemak tak jenuh. Semua kandungan ini bermanfaat bagi kesehatan jantung. Anda bisa mendapatkan manfaat minyak almond yang satu ini cukup dengan menambahkan satu sendok teh minyak almond manis ke dalam masakan sehari-hari.

2. Meningkatkan daya ingat
Minyak almond juga dapat meningkatkan memori sekaligus memperkuat sistem saraf. Untuk memperoleh khasiatnya, Anda cukup minum segelas susu secara teratur dengan menambahkan beberapa tetes minyak almond ke dalamnya.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh dan melancarkan pencernaan
Minyak almond dikenal mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika Anda mengonsumsinya secara teratur, tubuh akan lebih kuat dalam melawan infeksi dan sekaligus membantu melancarkan pencernaan.

4. Menjaga kuku tetap sehat dan kuat
Supaya kuku Anda tetap sehat dan kuat, cobalah pijat kuku Anda secara teratur dengan memanfaatkan beberapa tetes minyak almond. Kandungan kalium dan zink didalamnya akan membuat kuku Anda lebih kuat dan lebih terhidrasi.

Baca juga : 8 Hal Yang Membuat Anda Mudah Kelelahan

5. Mengurangi rasa sakit
Minyak almond memiliki sifat analgesik yang bermanfaat dalam membantu mengurangi rasa sakit dan juga mengobati oto-otot yang kaku. Jika Anda merasakan sakit pada bagian tubuh, cobalah panaskan beberapa sendok makan minyak almond kemudian pijat ke daerah yang sakit.

Sekarang ini banyak juga yang memanfaatkan minyak almond sebagai pengganti minyak goreng biasa pada saat memasak. Hal ini menjadi pilihan terbaik karena kandungan minyak essensialnya lebih baik daripada minyak kelapa sawit. Meskipun manfaat minyak almond ada begitu banyak, pastikan juga bahwa Anda tidak berlebihan ketika menggunakannya.

Tentang Kami

Sahabatragam.com merupakan media online yang selalu berusaha memberikan informasi menarik, unik, dan bermanfaat untuk para pembaca.