5 Tanaman Yang Sebaiknya Ada di Pekarangan Rumah

Sungguh sangat menyenangkan jika setiap hari kita bisa melihat pemandangan cantik baik itu dari bunga, buah, maupun sayuran yang ada di pekarangan rumah. Luas atau tidaknya pekarangan rumah kita, yang penting kita masih bisa memanfaatkannya untuk ditanami tanaman-tanaman yang bisa menghiasi pekarangan rumah kita.

Jika Anda ingin menghiasi pekarangan rumah dengan tanaman, alangkah baiknya jika tanaman yang dipilih bukan hanya sekedar menghiasi pekarangan rumah Anda saja. Tapi, akan jauh lebih baik lagi bila tanaman yang Anda tanam bisa bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

Berikut ini merupakan 5 tanaman yang sebaiknya ditanam di pekarangan rumah Anda.

1. Jambu biji
tanaman jambu biji
Jambu biji via podgardening.co.nz
Tanaman tropis yang berasal dari negeri samba (Brazil) ini juga bagus lho untuk ditanam di pekarangan rumah. Selain buahnya yang enak dan segar, alasan lain kenapa jambi biji mesti ada di pekarangan rumah Anda adalah karena daun jambu biji bisa digunakan untuk mencegah diare dan membantu menghilangkan rasa sakit di perut.

Baca juga : Lakukan 6 Hal Ini Jika Ingin Menjadi Pria Yang Dikagumi

2. Sirih
Tanaman Sirih
Sirih via vegetafruit.com
Sirih merupakan jenis tanaman merambat asli asal Indonesia yang biasanya dikunyah bersama dengan kapur dan pinang. Tanaman merambat ini telah dikenal luas akan manfaatnya yang begitu luar biasa. Anda bisa memanfaatkan daun sirih ini untuk membantu mengatasi luka maupun pendarahan di luar. Cara pengunaanya, tumbuk daun sirih hingga halus kemudian gunakan untuk menutupi luka supaya darah berhenti keluar.

3. Belimbing
tanaman belimbing
Belimbing via pinterest.com
Selain jambu biji, menanam belimbing di pekarangan rumah juga bisa menjadi pilihan alternatif lainnya. Buah yang berbentuk unik ini begitu manis dan juga menyegarkan. Kandungan nutrisi yang dimilikinya juga begitu banyak, diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, protein, dan lain-lain. Mengonsumsi belimbing bisa membantu Anda mengurangi kadar kolesterol jahat, mengatasi gangguan ginjal, mengatasi tekanan darah tinggi, dan juga baik untuk sistem pencernaan.

Baca juga : 10 Cara Merawat Tanaman di Pekarangan Rumah

4. Seledri
tanaman seledri
Seledri via harvesttotable.com
Seledri merupakan sayuran berdaun hijau yang biasanya sering dimanfaatkan untuk menambah aroma masakan. Selain mempunyai aroma yang begitu khas, tanaman seledri juga dikenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Anda bisa menjadikan seledri ini sebagai obat asam urat dengan cara merebus daun seledri kemudian diminum setiap pagi.

5. Mengkudu
tanaman mengkudu
Mengkudu via straitswholefoods.com
Sebagian orang mungkin ada yang tidak suka dengan tumbuhan yang satu ini. Alasan kenapa orang tidak menyukainya karena mengkudu memiliki bau yang kurang sedap. Meskipun baunya kurang sedap, tumbuhan yang satu ini juga banyak lho manfaatnya. Manfaat yang bisa didapat dari mengkudu ini diantaranya adalah mencegah penyakit kanker dan jantung koroner.

Baca juga : Museum-museum di Indonesia Yang Mesti Anda Kunjungi

Selain rumah Anda tampak lebih natural, merawat tanaman di pekarangan rumah juga sangat menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari 5 tanaman yang telah disebutkan diatas. Semoga bermanfaat ya!

Tentang Kami

Sahabatragam.com merupakan media online yang selalu berusaha memberikan informasi menarik, unik, dan bermanfaat untuk para pembaca.