10 Tempat Wisata di Jogja Yang Menjadi Surganya Para Wisatawan

Bicara soal tempat wisata, Jojga juga memiliki banyak tempat wisata menarik dengan panorama alamnya yang sangat mempesona. Beberapa tempat wisata seperti Candi Prambanan, dan Pantai Parangtritis sudah siap memanjakan waktu berlibur Anda.

Ketika mengunjungi Jogja, kesan pertama yang bakal Anda rasakan adalah kesederhanaan dan keramahannya. Ini tidaklah mengherankan mengingat keduanya telah mengakar sejak berabad-abad silam dan terus terjaga sampai sekarang.

Jika Anda baru pertama kali mengunjungi Jogja, 10 tempat wisata Jogja ini merupakan surganya para wisatawan karena keindahan panoramanya tidak akan pernah terlupakan.

1. Candi Prambanan
wisata jogya candi prambanan
Candi Prambanan via 1001malam.com
Candi Prambanan terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Bangunan yang menjulang setinggi 47 meter ini dibangun pada abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, yakni Rakai Pikatan dan Rakai Balitung.

Memasuki kompleks Candi Prambanan, Anda akan langsung disuguhkan dengan kemegahan tiga candi utama, yakni candi Siwa, candi Wisnu, dan candi Brahma. Selain itu, disini juga Anda bisa langsung melihat berabagai macam relief, ukiran, dan arca (patung Dewa-dewa Hindu).

2. Gondola Tradisional di Pantai Timang
wisata jogja pantai timang
Gondola Tradisional di Pantai Timang via twitter.com
Berbeda dengan pantai pada umumnya, pantai ini terlihat begitu indah dan juga unik. Kenapa begitu? Karena kondisi pantai yang satu ini memiliki ombak yang begitu besar dengan tebing yang curam dan berkarang-karang. Salah satu yang membuat Pantai Timang begitu istimewa adalah adanya gondola tradisional yang terbuat dari tali dan pancang kayu biasa. Sebenarnya gondola ini biasa digunakan oleh para nelayan untuk mencari lobster yang ada di pulau karang dengan ketinggian ombak minimal 5 meter. Meski terlihat menyeramkan, gondola ini aman kok untuk Anda. Tertarik untuk mencobanya?

Baca juga : 7 Tips Supaya Travelling Menjadi Lebih Menyenangkan

3. Pantai Pasir Putih Pok Tunggal
wisata jogja pantai pasir putih
Pantai Pasir Putih Pok Tunggal via hirukpikuk.co.id
Pada umumnya, pantai yang ada di Yogyakarta berpasir abu-abu. Akan tetapi, pantai yang satu ini terlihat begitu berbeda karena di sepanjang pantai Pok Tunggal terhampar pasir putih yang luas. Di pantai ini juga terdapat pohon Duras yang menjadi sejarah penamaan pantai ini. Pohon ini hanya ada satu sehingga munculah nama Pok Tunggal.

Awalnya, pantai ini begitu sunyi karena letaknya yang tersembunyi dan belum banyak orang yang mengetahui keindahannya. Namun sekarang, pantai pasir putih Pok Tunggal selalu ramai oleh para wisatawan karena pemandangan yang disajikannya tidak akan mengecewakan.

4. Goa Pindul
wisata jogja goa pindul
Goa Pindul via trippindul.blogspot.com
Buat Anda yang suka menelusuri keindahan goa-goa, Goa Pindul merupakan tempat wisata di Jogja yang siap memenuhi hasrat penasaran Anda. Goa yang terbentuk dari proses batuan karst dalam waktu jutaan tahun ini membentuk sebuah goa dan sungai bawah tanah yang indah nan eksotis. Anda tidak perlu ragu untuk datang kesini, karena goa yang terletak di Gunung Kidul ini benar-benar surganya para wisatawan.

5. Air Terjun Sri Gethuk
wisata jogja air terjun
Air Terjun Sri Gethuk via amriholiday.blogspot.com
Selain Goa Pindul, di Gunung Kidul juga terdapat Air Terjun yang mempesona yang dikenal dengan sebutan Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun Sri Gethuk mengalir dari ketinggian 25 meter dengan debit air yang mencapat 80 liter/detik. Gemuruh suara air yang meluncur jatuh dari ketinggian kemudian berpadu dengan gemericik aliran sungai pada akhirnya menghasilkan sebuah perpaduan bunyi yang begitu menentramkan. Hal lain yang membuat air terjun ini begitu istimewa adalah meskipun sedang musim kemarau, air terjun Sri Gethuk belum pernah mengalami kekeringan.

6. Pantai Parangtritis
wisata jogja parangtritis
Pantai Parangtritis via potretnusantara.com
Sekitar 28 km dari pusat kota Jogja, terdapat sebuah obyek wisata pantai yang begitu terkenal bila dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang tersebar di wilayah Yogyakarta. Pantai Parangtritis mempunyai pemandangan yang begitu unik karena pantai ini memiliki ombak yang besar dan gunung-gunung pasir yang disebut dengan gumuk. Karena ombaknya begitu besar hingga mencapai 2-3 meter, maka para pengunjung Pantai Parangtritis tidak diperbolehkan untuk berenang diseputaran pantai.

Baca juga : Indahnya Pesona Pantai Batu Karas Ciamis

Meskipun demikian, tak jauh dari kawasan Pantai Parangtritis terdapat sebuah pemandian air hangat yang siap memanjakan tubuh Anda. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan sunset di Pantai Parangtritis sambil menikmati jagung bakar.

7. Hutan Pinus Mangunan
wisata jogja hutan pinus mangunan
Hutan Pinus Mangunan via imgur.com
Hutan Pinus Mangunan terletak di Desa Dlingo, Mangunan, Bantul. Hutan ini merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan yang lokasinya tidak begitu jauh dari Imogiri. Kesejukkan dan kesegaran udara di kawasan Hutan Pinus Mangunan akan langsung terasa ketika Anda mulai memasuki kawasan tersebut. Sebagai salah satu tempat wisata di Jogja, Hutan Pinus Mangunan juga menawarkan pemandangan yang sangat indah sehingga wajib untuk Anda abadikan.

8. Resor Kaliurang
wisata jogja kaliurang
Resor Kaliurang via indonesiaexplorer.net
Salah satu tempat wisata menarik berikutnya adalah Resor Kaliurang. Buat Anda yang ingin “lari” dari keramaian dan kesibukan kota, Resor Kaliurang wajib untuk Anda kunjungi.

Resor Kaliurang berjarak sekitar 28 km dari pusat kota Jogja dan terletak diketinggian 900 mdpl. Dengan posisi yang tinggi ini tidak heran jika suasana Resor Kaliurang terasa sangat sejuk. Disini terdapat obyek wisata seperti Taman Rekreasi Kaliurang dan Taman Wisata Plawangan Turgo. Selain itu, di Resor Kaliurang juga terdapat air terjun Telogo Muncar yang siap menyegarkan tubuh Anda.

9. Kalibiru
wisata jogja kalibiru
Kalibiru via trip-planner-indonesia.blogspot.com
Terletak di kawasan Perbukitan Manoreh, Kalibiru merupakan hutan wisata yang saat ini telah dikelola oleh masyarakat.  Kalibiru memiliki suhu yang sejuk dengan udara yang begitu menyegarkan.  Sajian utama di tempat ini adalah jalur treking dengan pemandangan alamnya yang sangat mempesona. Sebagai tempat wisata, Kalibiru juga telah dilengkapi dengan areal parkir yang cukup luas, homestay, kios makanan, camping ground, outbound, dll.

Baca juga : 5 Destinasi Wisata di Bali Yang Tak Boleh Terlewati

10. Malioboro
wisata jogja malioboro
Malioboro via indonesiaholi.blogspot.com
Jalan Malioboro merupakan jalan paling fenomal yang ada di Jogja. Disini merupakan tempat yang paling tepat untuk menghabiskan waktu di Jogja. Anda bisa berbelanja ria sambil mencari salah satu barang unik khas kota Jogja. Sebagai destinasi wisata paling favorit, tidak lengkap jika Anda ke Jogja tanpa berkunjung ke jalan Malioboro.

Tentang Kami

Sahabatragam.com merupakan media online yang selalu berusaha memberikan informasi menarik, unik, dan bermanfaat untuk para pembaca.