8 Bahaya Minuman Beralkohol Terhadap Kesehatan Tubuh

Cara Dirga - Kita semua tahu bahwa minum minuman beralkohol tidaklah baik bagi kesehatan tubuh. Meskipun begitu, sampai saat ini masih banyak orang yang merasa berat untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Percaya atau tidak, terlalu banyak minum minuman beralkohol dapat menghancurkan organ-organ penting dalam tubuh kita. Berikut ini setidaknya terdapat 8 bahaya minuman beralkohol yang akan mengancam kesehatan tubuh kita.
bahaya minuman beralkohol
Bahaya alkohol via rawstory.com
1Merusak organ hati
Hati merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi menyaring semua nutrisi yang masuk ke dalam tubuh untuk diubah menjadi energi. Pada saat Anda mengkonsumsi minuman beralkohol, maka pada saat itulah hati akan menyaring zat tersebut. Bila jumlah alkohol yang masuk kedalam tubuh terlalu banyak, hati tidak akan mampu mengolah secara keseluruhan yang pada akhirnya akan merusak organ hati itu sendiri. Ketika hati mulai rusak, risiko menderita sirosis (kerusakan hari jangka panjang atau kronis yang menyebabkan luka pada hati) akan semakin meningkat. Dan yang lebih parahnya lagi, masalah ini bisa berujung pada kematian.

2Merusak jantung
Banyak para peneliti yang setuju bahwa orang yang rutin mengkonsumsi minuman beralkohol memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung. Hal ini bisa terjadi karena mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan produksi zat lemak dalam darah (trigliserida) yang lama kelamaan akan menyebabkan terjadinya penyempitan dan pengerasan pada pembuluh darah arteri. Selain itu, minum alkohol juga bisa menyebabkan tekanan darah, stroke, dan serangan jantung. Bahkan, risiko yang lebih parahnya adalah terkena serangan jantung mendadak yang berakhir pada kematian.

3Merusak sistem saraf pusat
Tidak dipungkiri lagi bahwa orang yang banyak minum alkohol akan mangalami kehilangan keseimbangan dan proses berpikirnya akan turut serta mengalami penurunan. Jika terus-terusan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak, bukan tidak mungkin sistem saraf pusat Anda akan mengalami kerusakkan permanen. Salah satu gejala paling jelas dari proses ini adalah kecanduan pada alkohol. Selain daripada itu, orang yang suka minum minuman beralkohol biasanya memiliki sifat tempramental dan mudah cemas.

4Kekebalan tubuh menurun
Walau bagaimanapun juga, sistem imun atau kekebalan tubuh mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga tubuh dari serangan penyakit maupun infeksi. Banyak minum alkohol hanya akan mengundang masalah bagi kesehatan tubuh Anda. Pasalnya, alkohol dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya akan membuat Anda lebih mudah untuk terserang berbagai penyakit.

5Disfungsi ereksi
Karena sistem saraf mengalami gangguan, minum alkohol juga bisa membuat keinginan kita sulit terkontrol. Disamping itu, alkohol juga bisa mempengaruhi kinerja tubuh kita. Salah satu gangguan kesehatan yang paling umum diderita adalah disfungsi ereksi. Perlu diketahui bahwa masalah kesehatan yang satu ini tidak hanya terjadi pada kaum laki-laki saja. Wanita yang rutin mengkonsumsi alkohol juga bisa mengalaminya.

6Merusak sistem pencernaan
Sebuah kenyataan yang tak terbantahkan bahwa kecanduan minum minuman beralkohol bisa memberikan dampak buruk terhadap sistem pencernaan. Tidak hanya sampai disitu, alkohol juga merupakan penyebab yang bisa memicu terjadinya penyakit kanker mulut, kanker usus, kanker tenggorokan, dan lain-lain.

7Memicu kanker payudara
Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita menopause yang mengkonsumsi tiga porsi alkohol disetiap minggunya bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara hingga mencapai 15% bila dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya.

8Tulang kropos
Selain kalsium, estrogen juga memiliki peranan yang penting untuk memastikan tulang Anda tetap kuat. Seiring bertambahnya usia, jumlah produksi estrogen dalam tubuh akan mengalami penurunan. Dan bila Anda rutin minum alkohol, maka hal itu hanya akan mempercepat proses penurunan produksi estrogen. Bila hal ini terus dibiarkan, maka risiko mengalami pengeroposan tulang akan semakin besar.


Sekarang kita sudah tahu bahwa minum minuman beralkohol hanya akan merugikan tubuh kita. Oleh karena itu, mulai dari sekarang sayangilah diri Anda dengan cara menghindari minuman berlkohol yang bisa membahayakan kesehatan Anda.

Tentang Kami

Sahabatragam.com merupakan media online yang selalu berusaha memberikan informasi menarik, unik, dan bermanfaat untuk para pembaca.