7 Tips Sedeharna Ini Bisa Bantu Kamu Lebih Cepat Tidur

Sampai saat ini masih banyak orang yang mengalami kesulitan untuk tidur. Bukan hanya pria, kaum wanita pun tidak sedikit yang mengalami masalah serupa. Ada begitu banyak hal yang bisa membuat seseorang sulit tidur di malam hari. Selain itu, berbagai masalah psikis dan juga fisik ikut andil dibalik kondisi ini.

Seseorang yang tidak bisa memanfaatkan waktu istirahatnya dengan optimal kemungkinan besar ia akan mudah hilang konsentrasi dan juga tingkat produktivitasnya dalam belajar ataupun bekerja akan menurun. Tentunya hal seperti ini tidak mau kamu alami, bukan?
cara mengatasi susah tidur
Ilustrasi susah tidur via natemarshallcounseling.com
Nah, dibawah ini sahabat ragam telah menyiapkan 7 tips sederhana yang nantinya bisa bantu kamu lebih cepat tidur.

1. Berendam dengan air hangat
Cara mengatasi susah tidur yang pertama bisa dilakukan dengan cara berendam di air hangat. Cara yang satu ini cukup efektif karena air hangat bisa membuat seseorang lebih rileks setelah seharian penuh disibukkan dengan berbagai aktivitas. Kamu bisa melakukannya dengan cara menyiapkan air hangat di dalam bathtub atau ember untuk berendam. Atau, kamu juga bisa menggunakan air hangat tersebut sekedar untuk mandi.

Baca juga : 5 Hal Yang Akan Dialami Tubuh Ketika Kekurangan Zat Besi

2. Minum minuman hangat
Cara mudah selanjutnya dalam mengatasi susah tidur adalah dengan minum minuman hangat. Tidak jauh berbeda dengan tips yang pertama, mengkonsumsi minuman hangat juga diharapkan bisa membantu kamu lebih rileks sehingga bisa tidur lebih cepat. Kamu bisa memilih secangkir teh hangat atau segelas susu hangat sebagai minuman malam hari menjelang tidur.

3. Buatlah kamar tidur senyaman mungkin
Tips yang ke-3 ini tidak kalah pentingnya dengan dua tips yang telah sahabat ragam berikan sebelumnya. Disadari atau tidak, suasana kamar tidur juga bisa mempengaruhi kualitas tidur kamu di malam hari. Coba deh kamu pilih, tidur di tempat yang kotor atau tidak terurus, atau tidur di tempat yang bersih dan rapi? Tentunya kamu bakal pilih poin yang kedua, kan. Oleh karena itu, jika selama ini kamu mempunyai masalah susah tidur, cobalah untuk menata kembali kamar tidur kamu menjadi lebih nyaman.

4. Hindari alat elektronik
Salah satu penyebab yang bisa membuat seseorang kesulitan tidur di malam hari adalah adanya ketertarikan terhadap barang-barang elektronik di sekitar mereka. Coba deh jauhkan barang-barang elektronik seperti smartphone, laptop, atau jenis elektronik lainnya minimal 1 jam menjelang tidur.

5. Kurangi asupan kafein
Langkah berikutnya supaya kamu bisa lebih cepat tidur di malam hari adalah hindari makanan maupun minuman yang tinggi kafein. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, minum air hangat menjelang tidur bisa membantu kamu lebih rileks. Namun, hal ini tidaklah berlaku untuk secangkir kopi hangat. Makanan dan minuman yang tinggi kafein malah justru akan membuatmu terjaga di malam hari.

6. Peregangan atau pijat sederhana
Cara mengatasi susah tidur selanjutnya bisa dengan melakukan peregangan sendiri sebelum tidur. Ini dilakukan supaya otot-otot yang tegang bisa berkurang sehingga kamu bisa lebih rileks dan tidur lebih cepat. Kamu bisa memulainya dengan berbaring terlentang selama 15 menit di tempat tidur. Gerakkan kaki secara bergantian supaya lutut bisa mencapai dagu. Tahan posisi ini selama beberapa detik. Jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri, kamu mungkin membutuhkan orang lain untuk memijat otot-otot kamu yang tegang.

Baca juga : 6 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan Agar Liburan Bareng Sahabat Makin Berkesan

7. Berdo’a sebelum tidur
Tips yang satu ini sangatlah penting untuk dilakukan. Coba deh kamu lihat orang-orang yang tidur di pinggir jalan. Hanya dengan beralaskan kardus berkas saja mereka bisa tidur sampai pulas. Lantas, bagaimana dengan kamu yang tidur di tempat yang nyaman, tapi masih juga merasa kesulitan untuk bisa tidur?

Tentang Kami

Sahabatragam.com merupakan media online yang selalu berusaha memberikan informasi menarik, unik, dan bermanfaat untuk para pembaca.