7 Hal Yang Membuat Kamu Mudah Ngantuk di Pagi Hari

Tidur merupakan salah satu kebutuhan hidup yang memiliki peran sangat penting bagi kita. Umumnya, orang dewasa memerlukan waktu tidur atau istirahat sekitar 7 - 9 jam di setiap harinya.  Kebutuhan tidur yang tercukupi dengan baik akan membuat tubuh kita menjadi sehat, sistem kekebalan tubuh meningkat, masa perkembangan dan pertumbuhan tubuh terjaga, dan membuat suasana hati jadi lebih tenang.

Namun, ada juga diantara kita yang mempunyai masalah dengan jam tidurnya. Bahkan, ada pula orang yang sering merasa ngantuk di pagi hari atau siang harinya. Jika kamu termasuk salah satu dari mereka, 7 hal dibawah ini bisa jadi adalah penyebabnya.
penyebab mudah ngantuk di pagi hari
Ilustrasi ngantuk di pagi hari via daimanuel.com

1. Kurang tidur
Salah satu penyebab paling umum yang sering dialami oleh mereka yang kerap kali merasa ngantuk di pagi atau siang harinya adalah karena kurang tidur. Orang yang suka begadang di malam hari sudah bisa dipastikan bahwa waktu tidur yang dibutuhkan di setiap harinya tidak akan tercukupi dengan baik. Dengan demikian, hal inilah yang akan membuatnya sering merasa ngantuk di pagi hari atau siang harinya.

Baca juga : 7 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

2. Siklus bangun-tidur
Dalam waktu 24 jam, terdapat dua periode dimana tubuh akan mulai merasakan kantuk secara alami. Pertama adalah tengah hari (umumnya antara pukul 13.00 - 16.00). Kedua adalah larut malam (umumnya pukul 00.00 - 07.00). Bilamana pada waktu-waktu tersebut kamu biasa terjaga, rasa kantuk kamu bakalan naik apalagi jika waktu tidur tidak tercukupi.

3. Dehidrasi
Penyebab lain kenapa kamu mudah ngantuk di pagi hari juga bisa ditengarai oleh dehidrasi. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh akan memastikan semua sistem dalam tubuh berjalan dengan lancar. Selain itu, rutin minum air putih juga bermanfaat untuk membuat racun keluar, menjaga tingkat energi, dan memastikan tubuh supaya tetap terhidrasi.

4. Kafein
Kafein yang terdapat dalam minuman seperti kopi, teh, minuman ringan lainnya, serta obat-obatan akan membuat kamu susah ngantuk dan tentu saja bisa mengganggu jadwal tidur kamu. Kafein yang masuk ke dalam tubuh akan mengendap sekitar 3 sampai 7 jam. Oleh karena itu hindari minum kopi jika waktu tidur tinggal beberapa saat lagi.

5. Alkohol
Jenis minuman yang satu ini juga bisa mengganggu tidur di malam hari dan bahkan bisa menimbulkan masalah ngantuk di pagi hari atau siang harinya. Bahkan, minum dalam jumlah sedikit pun bisa mempengaruhi kinerja kamu. Sebaiknya hindari saja minum minuman beralkohol karena sejatinya minuman yang satu ini tidaklah baik buat kesehatan.

6. Menderita penyakit
Ada juga beberapa jenis penyakit tertentu yang bisa membuat kamu mudah ngantuk di pagi hari. Salah satu penyakit tersebut adalah anemia. Tubuh yang kekurangan sel darah merah akan kesulitan untuk membawa oksigen ke organ dan jaringan tubuh. Inilah yang nantinya akan membuat kamu mudah merasa ngantuk bahkan lemas seharian.

Baca juga : 4 Alasan Kenapa Wanita Ingin Bisa Mandiri

7. Stres atau depresi
Stres juga termasuk salah satu penyebab seseorang mudah ngantuk di pagi hari. Ini bisa terjadi karena stres bisa menguras energi, emosi, fisik, serta memengaruhi kehidupan sehari-hari.

Jika selama ini tidur kamu tercukupi dengan baik namun sering merasa ngantuk di pagi hari, sebaiknya segera kunjungi dokter. Takutnya rasa ngantuk yang kamu alami bisa disebabkan oleh hal-hal yang lebih serius.

Tentang Kami

Sahabatragam.com merupakan media online yang selalu berusaha memberikan informasi menarik, unik, dan bermanfaat untuk para pembaca.