Ternyata, 5 Anggota Tubuh Ini Bisa Menjadi Sarang Bakteri dan Kuman

Menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan supaya tubuh kita setidaknya dapat terhindar dari berbagai penyakit. Meskipun selama ini kita rutin menjaga kesehatan dan kebersihan dengan sangat baik, bakteri dan kuman tetap saja akan selalu ada di tubuh kita.

Tahukah sahabat ragam, anggota tubuh yang setiap hari kita lihat bersih nyatanya masih bisa lho menjadi tempat bersarangnya kuman dan juga bakteri. Para ahli telah mengungkapkan bahwa setidaknya terdapat 615 jenis bakteri dan kuman yang bersarang di beberapa organ tubuh kita. Beberapa organ tubuh yang kerap kali menjadi sarang bakteri dan kuman diantaranya adalah:
organ tubuh tempat bersarangnya kuman
Ilustrasi menjaga kesehatan kuku via goodhousekeeping.com

1. Mulut
Mulut adalah salah satu anggota tubuh pertama yang kerap kali dijadikan sebagai tempat bersarangnya bakteri dan kuman. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat mulut merupakan tempat pertama dimana makanan dan minuman masuk ke dalam tubuh. Bahkan, para ahli pun mengungkapkan bahwa ada lebih dari 600 bakteri yang bisa bersarang di mulut dan juga gigi. Oleh sebab itu, pastikan sahabat ragam untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut serta gigi.

2. Telinga
Perlu sahabat ragam ketahui bahwa telinga juga menjadi tempat terbaik untuk kuman dan bakteri bersarang maupun berkembang biak. Hal ini dikarenakan kotoran yang ada didalam telinga mengandung banyak bakteri dan kuman. Bahkan, bakteri dan kuman akan semakin tidak terkontrol jumlahnya jika sahabat ragam sering menggunakan ear phone dan jarang membersihkan telinga.

3. Kuku
Sudah dikenal sejak dulu bahwa kuku sering dikatakan sebagai tempat bersarangnya berbagai jenis bakteri. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan apabila sahabat ragam harus rajin membersihkan kuku serta memotongnya secara berkala. Selain daripada kuku, jari tangan sahabat ragam pun juga bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri ataupun kuman.

4. Hidung
Hidung yang merupakan tempat keluar masuknya oksigen dalam tubuh ini juga sangat disukai oleh bakteri maupun kuman untuk bersarang dan berlindung. Itulah sebabnya sahabat ragam diharuskan untuk membersihkan kotoran yang ada di hidung secara rutin. Disarankan juga sabat ragam untuk senantiasa menggunakan masker ketika berada di tempat yang penuh dengan polusi.

5. Rambut
Anggota tubuh terakhir yang menjadi tempat favorit bersarangnya bakteri dan kuman adalah rambut. Sahabat ragam pernahkah merasa gatal di kulit kepala, rambut terasa lepek sehingga tidak nyaman? Jika iya, itulah salah satu kondisi dimana banyak bakteri dan kuman sedang bersarang. Hal ini belum lagi ditambah dengan adanya keringat di kulit kepala yang turut membawa bakteri dan kuman. Oleh karena itu, pastikan sahabat ragam untuk rutin menjaga kebersihan rambut dengan keramas setidaknya 2 hari sekali.

Itu dia sahabat ragam beberapa bagian tubuh yang seringkali dijadikan tempat bersarangnya bakteri maupun kuman. Meskipun dilihat secara kasat mata tampak bersih, hal itu tetap menjadi tempat paling ideal bagi bakteri dan kuman untuk bersarang maupun berkembang biak.

Tentang Kami

Sahabatragam.com merupakan media online yang selalu berusaha memberikan informasi menarik, unik, dan bermanfaat untuk para pembaca.