Beragam Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Cara Dirga - Dulu, buah naga belum begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun sekarang, buah yang memiliki nama latin Hylocereus undatus ini telah menarik banyak perhatian dan menjadi idola baru bagi para pecinta buah-buahan. Buah naga atau dalam bahasa inggris disebut juga dengan Dragon fruit, mempunyai rasa yang manis dan tentu saja banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa kandungan gizi yang tersimpan di dalam buah naga diantaranya adalah vitamin C, kalsium, lemak, karoten, protein, riboflavin, serat, fosfor, besi, air, dan lain-lain. Selain nutrisi yang dimilikinya cukup banyak, buah naga merupakan buah yang rendah kalori sehingga cocok untuk dijadikan teman diet.

7 Manfaat  Buah Naga Terhadap Kesehatan

manfaat buah naga bagi tubuh
Buah naga via ask.com
Bila Anda rajin mengkonsumsi buah yang satu ini, beberapa manfaat buah naga dibawah ini bisa segera Anda dapatkan.

1. Membantu turunkan kolesterol

Buah naga merupakan salah satu jenis buahan-buahan yang kaya akan kandungan vitamin B3. Dengan adanya kandungan Vitamin B3 ini, tidak heran jika buah naga bermanfaat dalam menurunkan kadar kolestrol jahat yang bersarang di dalam tubuh. Disamping itu, vitamin B3 juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah supaya tetap berada pada batas normal.

2. Membantu melancarkan buang air besar

Pada dasarnya, buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi mampu melancarkan buang air besar. Dan buah naga pun memiliki kandungan serat yang cukup sehingga bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang mempunyai masalah dengan buang air besar.

3. Menjaga mata tetap sehat

Selain wortel, mengonsumsi buah naga pun bisa membuat mata Anda tetap dalam kondisi terbaiknya. Hal ini memang benar adanya karena buah naga kaya akan kandungan beta karoten. Salah satu fungsi daripada beta karoten adalah membantu menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, selain rasanya enak, manfaat buah naga juga bisa menjaga mata Anda tetap sehat.

4. Membantu turunkan berat badan

Perut buncit atau memiliki berat badan berlebih memang rawan untuk terserang penyakit. Oleh sebab itu, menurunkan badan merupakan salah satu cara untuk memperkecil risiko terserang penyakit. Ketika Anda ingin diet, jangan lupa untuk memasukkan buah naga kedalam menu diet Anda. Pasalnya, buah naga memiliki kandungan serat yang akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Mencegah serangan jantung

Manfaat buah naga yang ke-5 adalah membantu mencegah terjadinya serangan jantung. Berdasarkan penelitian, kandungan serat yang terdapat pada buah naga juga baik untuk memperkecil risiko serangan jantung.

6. Membantu menjaga kesehatan tulang

Susu memang dikenal baik untuk menjaga kesehatan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa buah naga juga bisa lho untuk dijadikan sebagai pilihan alternatif dalam memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Hal ini dapat terjadi karena buah naga kaya akan kalsium dan fosfor.

7. Membantu mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang sukar untuk disembuhkan. Selain itu, perawatan penyakit kanker juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Daripada mengobati, lebih baik kita cegah penyakit kanker dengan mengonsumsi buah naga secara rutin. Kenapa harus dengan buah naga? Karena buah naga merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai kandungan antioksidan cukup tinggi.


7 Manfaat buah naga yang telah disebutkan diatas bisa didapatkan jika Anda rajin mengonsumsi buah naga tersebut. Anda bisa mengonsumsi buah naga secara langsung, dibikin jus, atau dibuat olahan makanan lainnya. Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya.

Tentang Kami

Sahabatragam.com merupakan media online yang selalu berusaha memberikan informasi menarik, unik, dan bermanfaat untuk para pembaca.