Yuk, Kenali Lebih Jauh Manfaat Susu Kambing Etawa

Akhir-akhir ini susu kambing etawa mulai marak diperbincangkan di tanah air. Banyak yang mengatakan bahwa manfaat susu kambing etawa sangat bagus untuk kesehatan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang cukup lengkap mengenai manfaat daripada susu kambing etawa.

Kambing etawa merupakan salah satu jenis kambing yang paling banyak diternak dan dikembangkan, terutama oleh para peternak kambing di Indonesia. Ciri-ciri kambing etawa adalah memiliki bentuk tubuh yang tinggi, kokoh, leher yang kuat, dan agak memanjang. Selain itu, telinga kambing etawa juga sedikit panjang yang melambai ke bawah.
manfaat susu kambing etawa
Minum segelas susu via theguardian.com
Di Indonesia, jenis kambing etawa biasanya dipelihara dengan tujuan untuk diikutkan kontes atau diambil susunya. Ternyata, susu kambing etawa ini memiliki kandungan nutrisi dan mineral cukup lengkap, seperti kalsium, fosfor, sodium, dan flourin. Dengan kandungan nutrisi seperti ini, tidak heran jika manfaat susu kambing etawa ada begitu banyak.

Manfaat dan Khasiat Susu Kambing Etawa

1. Menjaga sistem pencernaan
Manfaat susu kambing etawa yang pertama adalah membantu menjaga sistem pencernaan supaya tetap berada pada kondisi terbaiknya. Ini bisa terjadi karena susu kambing etawa diklaim mempunyai kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan. Selain itu, susu kambing etawa juga bagus untuk Anda yang sedang diet karena bisa membantu menekan rasa lapar.

Baca juga : Cara Merawat Kuku Tangan Agar Terlihat Lebih Cantik dan Indah

2. Memiliki sifat anti-inflamasi
Susu kambing yang satu ini dihomogenisasi secara alami. Gelembung-gelembung lemak yang ada pada susu kambing etawa mampu memecahkan diri menjadi bagian yang lebih kecil daripada susu sapi. Kondisi seperti ini jelas akan membantu mempermudah proses pencernaan dan juga penyerapan makanan oleh tubuh.

Bagi seseorang yang punya masalah gangguan pencernaan atau radang usus yang disebabkan oleh inflamasi, mengonsumsi susu kambing etawa bisa menjadi pilihan yang terbaik. Pasalnya, sifat probiotik yang dimilikinya dapat mendorong pengembangan sistem pencernaan menjadi lebih baik.

3. Memiliki asam lemak esensial
Kandungan asam lemak esensial yang dimiliki oleh susu kambing etawa adalah 35% lebih banyak jika dibandingkan dengan susu sapi yang memiliki sekitar 17%. Manfaat susu kambing etawa akan lebih terasa jika Anda meminumnya dalam keadaan masih mentah. Selain itu, susu kambing etawa juga efektif untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

4. Tidak membuat alergi
Ternyata, ada begitu banyak orang yang mengeluhkan susu sapi karena membuat mereka menjadi alergi dan rentan terhadap masalah pernapasan. Ini terjadi karena kandungan lemak yang tinggi pada susu sapi rupanya memicu terjadinya penumpukan lendir yang akhirnya membuat mereka alergi.

Meskipun begitu, sekarang ini Anda tidak usah khawatir karena susu kambing etawa bisa menjadi pilihan Anda berikutnya. Gelembung-gelembung lemak pada susu kambing etawa hanya sepersembilan dari lemak yang terkandung dalam susu sapi. Itu artinya, iritasi pada usus bisa dihindari dengan mengonsumsi susu kambing etawa.

Baca juga : 8 Hal Yang Membuat Anda Mudah Kelelahan

5. Sebagai nutrisi alami
Bagi orang yang gemar minum susu kambing, hal itu akan membantu meningkatkan semangat, kelenturan, dan vitalitas. Bahkan, susu kambing etawa juga banyak dimanfaatkan sebagai obat, terutama dalam hal memelihara dan regenerasi sistem saraf.

6. Membantu mengobati penyakit TBC dan asma
Kandungan flourin dan betakasein pada susu kambing ternyata bermanfaat untuk membantu mengobati penyakit TBC dan asma. Disamping itu, susu kambing etawa juga baik dikonsumsi oleh mereka yang mempunyai masalah gangguan pernapasan.

7. Baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui
Manfaat susu kambing etawa yang lainnya adalah sebagai gizi tambahan untuk para ibu hamil. Mengonsumsi susu kambing etawa ketika sedang hamil dapat membantu menjaga kesehatan janin. Sedangkan untuk ibu menyusui, minum susu kambing etawa dapat membantu melancarkan ASI.

Baca juga : 6 Kebiasaan Yang Baik Dilakukan Sebelum Tidur

Setelah menyimak penjelasannya, ternyata memang benar bahwa manfaat susu kambing etawa ada begitu banyak. Jadi, jangan lupa untuk segera mencobanya ya!

Tentang Kami

Sahabatragam.com merupakan media online yang selalu berusaha memberikan informasi menarik, unik, dan bermanfaat untuk para pembaca.