Kumpulan Ide Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Untuk membuka usaha, ada dua hal yang wajib untuk kita miliki. Pertama modal materiil dan yang kedua adalah modal non materiil. Kebanyakan orang beranggapan bahwa untuk memulai usaha membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sebenarnya, anggapan seperti itu tidaklah sepenuhnya benar. Karena pada kenyataannya, kita masih bisa kok membuka usaha sendiri meski hanya dengan modal yang kecil.

Perlu diketahui bahwa modal uang yang besar, hal itu tidak menjamin bahwa usaha yang kita jalani akan berkembang. Justru, modal yang paling kita butuhkan ketika ingin memulai usaha adalah modal non materiil seperti keyakinan, keseriusan, perencanaan, ketekunan, dan kerja keras. Meskipun Anda memiliki modal materiil yang kecil, akan tetapi hal itu akan memberikan peluang yang besar jika dibarengi dengan modal utama kita, yakni modal non materiil tadi.
ide usaha rumahan
Usaha rumahan via socialmoms.com
Bicara mengenai usaha rumahan dengan modal kecil, berikut ini merupakan 10 ide usaha rumahan yang bisa kita bangun meski dengan modal yang pas-pasan.

1. Membuka kursus
Untuk membuka usaha rumahan yang satu ini, syarat utama yang mesti kita penuhi adalah memiliki ilmu dan juga waktu. Jika kita menguasai ilmu dibidang pelajaran tertentu, maka membuka usaha kursus atau bimbingan belajar untuk anak-anak bisa menjadi pilihan utama. Ketika metode pembelajaran yang diterapkan memberikan hasil yang memuaskan, bukan tidak mungkin usaha bimbingan belajar yang Anda jalani akan berkembang pesat dan mampu memberikan income yang sangat menjanjikan.

Baca juga : 10 Cara Merawat Tanaman di Pekarangan Rumah

2. Membuka counter pulsa
Saat ini hampir setiap orang memiliki yang namanya alat komunikasi jarak jauh, seperti hal nya handphone atau smartphone. Bahkan, boleh dibilang saat ini baik handphone maupun smartphone telah menjadi kebutuhan utama dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dilihat dari para penggunanya yang sangat banyak, membuka usaha counter pulsa akan menjadi salah satu usaha rumahan yang cukup menggiurkan.

3. Menjalankan bisnis online
Saat ini bisnis online merupakan salah satu jenis usaha rumahan yang paling banyak diminati. Bukan hanya modalnya yang relatif lebih kecil, tapi juga usaha bisnis online ada begitu banyak jenisnya dan cenderung lebih mudah untuk dijalani. Beberapa jenis bisnis online yang populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah bisnis MLM online, dropshipping, publisher, affiliate marketing, dan lain-lain.

4. Membuka usaha loundry pakaian
Ditengah kesibukkan yang semakin bertambah, kebanyakan orang mulai tidak memiliki waktu yang cukup meski hanya sekedar untuk mencuci maupun menyetrika pakaian. Bila sudah seperti ini, mereka biasanya akan mencari loundry pakaian untuk menyelesaikannya. Selain harganya yang sangat terjangkau, biasanya hasil cucian maupun setrikaan dari jasa loundry jauh lebih bersih dan rapih.

Oleh karena itu, usaha rumahan yang satu ini juga cukup menjanjikan lho, apalagi kalau rumah Anda dikelilingi oleh kost-kostan mahasiswa atau pekerja kantoran yang notabene sering menggunakan jasa loundry pakaian.

5. Membuka usaha makanan atau camilan
Makanan maupun camilan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang sampai kapanpun akan selalu dibutuhkan. Ada begitu banyak model usaha makanan atau camilan yang bisa kita jalankan di rumah yang tentu saja dengan modal yang kecil. Beberapa usaha makanan atau camilan tersebut diantaranya adalah membuka warung makan, berjualan kue, berjualan gorengan atau yang lainnya.

Baca juga : Lakukan 6 Hal Ini Jika Ingin Menjadi Pria Yang Dikagumi

Ketika kita ingin menjadi seorang pengusaha, pandai-pandailah dalam melihat peluang yang ada. Jika peluang usaha sudah terlihat, susun rencananya dan segeralah ambil tindakan. Apapun usaha rumahan yang kita jalani, usahakan untuk selalu tetap semangat, fokus, tekun, disiplin, dan kerja keras hingga semuanya memberikan hasil memuaskan.

Tentang Kami

Sahabatragam.com merupakan media online yang selalu berusaha memberikan informasi menarik, unik, dan bermanfaat untuk para pembaca.